JUMLAH KAMBING YANG DIPOTONG UNTUK AQIQAH

Jumlah Kambing Yang Dipotong Untuk Aqiqah

Aqiqah adalah salah satu ibadah mahdoh, yaitu ibadah yang sudah jelas ketentuannya dalam ajaran Islam. Karena itu, menunaikan ibadah aqiqah harus mengikuti apa yang sudah dicontohkan oleh Rasulullah saw. Dalam  fiqih para ulama telah menentukan jumlah kambing atau domba yang harus dipotong untuk aqiqah dengan berdasarkan kepada hadits.

Banyak umat Islam yang bertanya tentang jumlah kambing sembelihan aqiqah ini.  Terutama mereka yang hendak menunaikan ibadah aqiqah untuk putera-puteri mereka. Mereka berharap, ibadah yang mereka lakukan diterima oleh Allah swt. Berdasarkan hadits yang banyak dipegang oleh para ulama fiqih, disebutkan bahwa jumlah kambing atau domba yang disembelih untuk aqiqah anak laki-laki adalah dua ekor, sedangkan domba atau kambing yang disembelih untuk aqiqah anak perempuan adalah 1 ekor.

jumlah kambing yang dipotong untuk aqiqah
jumlah kambing yang dipotong untuk aqiqah

Ketetapan ulama fiqih tentang jumlah kambing atau domba yang harus disembelih untuk aqiqah itu berdasarkan atas hadits dari Ummu Karaz al-Ka’biyah. Dalam hadits tersebut disebutkan bahwa  Rasulullah saw. bersabda, “Bagi anak laki-laki (disembelihkan) dua ekor kambing dan bagi anak perempuan (disembelihkan) satu ekor. Dan tidak membahayakan kamu sekalian apakah (sembelihan itu) jantan atau betina” (H. R. Ahmad dan Tirmidzi).

baca juga: Paket Aqiqah Lengkap.

Jumlah Kambing Yang Dipotong Untuk Aqiqah

Jumlah tersebut tentu saja berlaluk bagi orang yang diberikan rejeki yang berkecukupan. Sedangkan orang yang kemampuan rejekinya terbatas masih dibolehkan menyembelih hanya dengan seekor kambing. Meskipun anaknya laki-laki atau perempuan.  Hal itu berdasarkan atas hadits yang dari Ibnu Abbas ra, yang bunyinya “Rasulullah saw telah mengaqiqahkan Al-Hasan dan Al-Husain dengan satu ekor biri-biri.” (HR. Abu Dawud)

Juga riwayat dari Imam Malik, “Abdullah bin Umar ra. telah mengaqiqahkan anak-anaknya, baik laki-laki maupun perempuan satu kambing-satu kambing.”

Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa pada dasarnya, kambing yang dipotong untuk anak laki-laki adalah 2 ekor, sedangkan untuk anak perempuan cukup satu ekor. Tetapi, dalam keadaan kesempitan rezeki, kita boleh melaksanakan aqiqah untuk anak laki-laki dengan cukup seekor kambing saja. Allah tidak membebani hambanya melainkan sesuai dengan kemampuannya. Wallahu a’lam bish-shawwab.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *