AQIQAH DENGAN DAGING KILOAN, BOLEHKAH?

Aqiqah dengan Daging Kiloan, Bolehkah? Bolehkah melaksanakan ibadah aqiqah tanpa memotong kambing atau domba? Bolehkah mengganti penyembelihan kambing atau domba aqiqah dengan membeli daging kambing yang dijual di pasar?

 

Aqiqah dengan Daging Kiloan
Aqiqah Depok terpercaya Kirim Seluruh Jabodetabek

Aqiqah adalah ibadah mahdhoh yang hukumnya sunnah mu’akkadah. Yang dimaksud ibadah mahdhoh adalah ibadah yang sudah jelas aturan dan tata caranya dalam syari’at Islam.  Karena itu, Aqiqah punya aturan dan tata cara sendiri yang sudah diatur dalam syari’at Islam.

Jika kita mengacu kepada hadits-hadits yang disandarkan kepada Rasulullah saw. jelas sekali disebutkan bahwa Rasulullah saw.  sendiri telah memberi contoh bagaimana aqiqah yang sesuai syari’at Islam. Yaitu beliau memotong dua ekor domba ketika beliau mengaqiqahkan cucunya, Hasan dan Husein pada hari ketujuh dari kelahiran mereka.

Aqiqah dengan Daging Kiloan, Bolehkah?

Lalu bagaimana jika kita mengganti kambing atau domba tersebut dengan cukup membeli daging saja? Apakah boleh kita cukup datang ke pasar membeli  daging kambing yang sudah disembelih, lalu memasaknya dan membagikannya kepada para tetangga dengan niat aqiqah? Tidak bisa.  Mengapa? Karena aqiqah bukan hanya terletak pada membagikan daging kambing, tetapi juga pada penyembelihan kambingnya sendiri. Kambing yang disembelih untuk aqiqah harus diniatkan untuk aqiqah pada saat penyembelihannya. Bahkan kita dianjurkan untuk menyebutkan nama anak yang diaqiqahkan pada saat menyembelih kambingnya.

Jadi, melaksanakan ibadah aqiqah tidak cukup dengan membeli daging saja. Aqiqah harus dilaksanakan dengan cara menyembelih hewan aqiqah berupa kambing atau domba. Tidak boleh hanya membeli daging di pasar, lalu membagikannya kepada para tetangga. Itu tidak syah, dan bukan termasuk aqiqah.

Ulama yang duduk di Lajnah Ad-Daimah lil Buhuts Al-Ilmiyyah wa Ifta’ kerajaan Saudi Arabiah pernah ditanya, “Bolehkah penyembelihan kambing aqiqah diganti dengan membeli beberapa kilo daging ataukah aqiqah harus dengan jalan menyembelih?”

Jawabannya, “Tidak boleh. Aqiqah harus dengan jalan menyembelih seekor kambing untuk anak perempuan dan dua ekor kambing untuk anak laki-laki.”

Demikian aturan dan tatacara aqiqah yang diatur dalam syari’at Islam. Oleh karena itu, jika kita ingin mengaqiqahkan anggota keluarga kita, pastikan bahwa jasa layanan aqiqah yang kita datangi adalah layanan aqiqah yang profesional. Jasa layanan aqiqah profesional adalah yang menangani pesanan aqiqah dari pelanggannya berdasarkan ketentuan syari’at, bukan asal bikin sate dan gule.

Mumtaz Aqiqah: Layanan Aqiqah Profesional sejabodetabek

Salah satu jasa layanan aqiqah profesional di Jabodetabek yang patut menjadi rekomendasi bagi anda adalah Mumtaz Aqiqah. Layanan aqiqah yang satu ini sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun melayani para pelanggan aqiqah di seluruh pelosok Jabodetabek. Layanannya bahkan sampai menjangkau ke Kepulauan Seribu, nun jauh di seberang lautan Teluk Jakarta.

Jasa aqiqah yang mengusung tagline Syukuri Kehadiran Buah Hati Sesuai Sunnah Nabi ini mengutamakan pelayanan yang sesuai syari’at Islam. Kambing atau domba dipilih berdasarkan aturan syariat Islam, yaitu sehat, gemuk, cukup umur, tidak cacat dan tidak kurus. Penyembelihan dilakukan dengan standard juru sembelih halal (juleha). Setelah disembelih dan dibersihkan, daging kambing diolah oleh para koki berpengalaman yang sangat expert dan berpengalaman mengolah masakan berbahan dasar daging kambing. Banyak pilihan menu yang bisa dipesan oleh para pelanggan, mulai dari sate dan gule, sop, semur, tongseng, bahkan kambing kambing. Semua dimasak dengan baha-bahan yang halal dan rempah-rempah yang segar, membuat masakan Mumtaz Aqiqah terkenal lezat dan tidak berbau prengus.

Jadi, tunggu apalagi? Anda mau aqiqah? Hubungi Mumtaz Aqiqah saja!

Untuk informasi dan pemesanan: 085100221020 (WA)

Baca juga: Jasa Aqiqah Profesional Jabodetabek

Aqiqah dengan Daging Kiloan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *