JUMLAH KAMBING UNTUK AQIQAH

Jumlah Kambing Untuk Aqiqah

Berapakah jumlah kambing atau domba yang disembelih untuk aqiqah? Disini terdapat perbedaan pendapat di kalangan ulama. Imam Malik berpendapat bahwa baik laki-laki maupun perempuan masing-masing diaqiqahi dengan satu ekor kambing. Sedangkan kebanyakan ulama lain, seperti Imam Asy-Syafi’i, Abu Tsaur, Abu Daud, dan Imam Ahmad berpendapat bahwa laki-laki hendaknya diaqiqahi dengan dua ekor kambing, sedangkan perempuan dengan satu ekor kambing.

Jumlah Kambing yang Disembelih Untuk Aqiqah

Jumlah Kambing  Untuk Aqiqah

Perbedaan pendapat itu disebabkan oleh perbedaan dalil dalam masalah tersebut. Pendapat sebagian besar para ulama yang menyebutkan bahwa anak laki-laki diaqiqahi dengan dua ekor kambing didukung oleh beberapa hadits, salah satunya berikut ini:

Hadits Riwayat Ahmad:

عَنْ عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ عَنْ اَبِيْهِ عَنْ جَدّهِ قَالَ، قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص مَنْ اَحَبَّ مِنْكُمْ اَنْ يَنْسُكَ عَنْ وَلَدِهِ فَلْيَفْعَلْ عَنِ اْلغُلاَمِ شَاتَانِ مُكَافِئَتَانِ وَ عَنِ اْلجَارِيَةِ شَاةٌ. احمد 2: 604، رقم: 2725

Dari ‘Amr bin Syu’aib dari ayahnya, dari kakeknya, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa berkehendak untuk mengaqiqahkan anaknya maka kerjakanlah. Untuk anak laki-laki dua ekor kambing yang sebanding dan untuk anak perempuan satu ekor kambing“. [HR. Ahmad juz 2, hal. 604, no. 2725]

Sedangkan Imam Malik berpegangan pada hadits yang diriwayatkan oleh Abu Daud; Dari Ibnu Abbas, ia berkata, “Rasulullah SAW pernah mengaqiqahi Al-Hasal dan Al-Husain, masing-masing dengan satu ekor domba.” (HR Abu Daud no. 2841).

Syekh Muhammad Nashiruddin Al-Albani mengomentari hadits riwayat  Abu Daud ini dengan mengatakan bahwa hadits ini shahih, tetapi riwayat yang mengatakan dengan dua kambing itu yang lebih shahih.

Riwayat yang lebih shahih yang dimaksud oleh Syaikh Al-Albani adalah hadits yang juga berasal dari Ibnu Abbas tetapi diriwayatkan oleh Imam An-Nasa’i, yang berbunyi, Dari Ibnu ‘Abbas, ia berkata, “Rasulullah SAW pernah mengaqiqahi Al-Hasan dan Al-Husain, masing-masing dua ekor domba.” (HR. An-Nasa’i no. 4219)

Kesimpulan: Dari penjelasan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa aqiqah pada anak laki-laki dianjurkan dengan dua ekor kambing, sedangkan pada anak perempuan dengan satu ekor kambing. Akan tetapi jika tidak sanggup, maka boleh juga anak laki-laki diaqiqahi dengan satu ekor kambing, dan itu dianggap syah.

Artikel lain: Jasa Layanan Aqiqah Depok

Mau aqiqah yang syar’i?

Hubungi Mumtaz Aqiqah: 085100221020

Jumlah Kambing  Untuk Aqiqah

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *